Laporan Workshop Penyusunan Pedoman Akademik 2018


Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Angkatan I Bagi Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VII yang dilaksanakan pada 19 -- 21 Februari 2018 di Hotel Harris Surabaya.

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Laporan ini saya susun setelah mengikuti kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Perguruan Tinggi Angkatan 1 Bagi Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VII Tahun 2018.  Kegiatan workshop  ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan tiap perguruan tinggi dalam menyusun buku pedoman akademik yang akan digunakan untuk tahun ajaran baru 2018 – 2019 sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

1.2.             Dasar Hukum Kegiatan
Kegiatan ini didasari oleh undangan dari kopertis VII dengan nomor surat 0284/K7/KM/2018 tentang undangan workshop penyusunan pedoman akademik dan surat tugas dari STKIP Al Hikmah No. 248/A.4.1/STKIPH/II/2018 tentang penugasan mengikuti workshop penyusunan pedoman akademik.  

1.3. Tujuan Kegiatan
Kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Perguruan Tinggi Angkatan 1 Bagi Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VII Tahun 2018 dilaksanakan dengan tujuan untuk peningkatan pemahaman terhadap penyusunan Buku Pedoman Akademik sesuai dengan standar nasional dikti.

1.4.             Ruang Lingkup Laporan
Kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Perguruan Tinggi Angkatan 1 Bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2018 terdiri atas serangkaian acara yang diselenggarakan Kopertis Wilayah VII. Materi yang diberikan antara lain kebijakan Kemenristekdikti terkait SN Dikti (Perguruan Tinggi di Era Digital), dokumen mutu, kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar dosen dan tenaga kependidikan, serta penyusunan buku pedoman akademik.




BAB 2
ISI LAPORAN

2.1.            Jenis Kegiatan
Kegiatan ini merupakan Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Perguruan Tinggi Angkatan 1 Bagi Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VII Tahun 2018.

2.2.            Tempat dan Waktu
Kegiatan dilaksanakan di Hotel Harris, ruang bright 3. Waktu kegiatan Senin s.d. Rabu (3 hari 2 malam) / 19 – 21 Februari dari pukul 08.00 – 21.00 WIB

2.3.            Pemateri Kegiatan
Kegiatan  Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Perguruan Tinggi Angkatan 1 Bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2018 diselenggarakan Kopertis Wilayah VII dengan pemateri sebagai berikut.
a.       Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc.Ph.D (Rektor Univ. Katolik Widya Mandala)
-          Kebijakan Mutu dan standar mutu
b.      Prof. Dr. Tatik Suryani, M.M. (Ka.Prodi di STIE Perbanas)
-          Kompetensi lulusan dan standar isi
c.       Nemuel Pah., S.T., M.Eng., Ph.D. (Ubaya)
-          Standar proses, penilaian, dosen dan tenaga kependidikan

2.4.            Peserta
Lima puluh (50) orang perwakilan kampus swasta terpilih di wilayah Kopertis VII (dari 279 kampus swasta yang ada)



2.5.            Jadwal kegiatan
Jadwal Kegiatan Terlampir

2.6.            Simpulan
Dengan adanya Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Perguruan Tinggi Angkatan 1 Bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2018 yang diselenggarakan Kopertis Wilayah VII ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancar dan terdapat beberapa catatan sebagai berikut.
1.      Buku Pedoman Akademik (BPA) setiap tahun harus diperbarui.
2.      BPA tidak hanya untuk institusi namun, harus dibuat juga BPA Prodi.
3.      Salah satu landasan hukum dalam menyusun BPA adalah Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015.
4.      BPA hendaknya dapat diakses di laman daring institusi dan prodi.
5.      Perhatikan kurikulum dengan cermat apakah sesuai dengan ketentuan SN Dikti.
6.      Sebagai tambahan di dalam BPA bisa ditambahkan FAQ (frequently asked quetions) yang dalam bahasa Indonesia sering disebut SSD (soal sering ditanya).

2.7.            Saran
Berdasarkan pengalaman selama berlangsungnya kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Perguruan Tinggi Angkatan 1 Bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2018 yang diselenggarakan Kopertis Wilayah VII beberapa saran yang dapat dipertimbangkan sebagai berikut.
1.      Aktif membuka laman kopertis 7 agar tidak terlambat mendapat informasi tiap kegiatan yang diadakan.
2.      Segera tindak lanjuti info undangan dari kopertis, jangan ditunda-tunda.
3.      Bawa perlengkapan secara lengkap jika kegiatan berupa pelatihan / workshop seperti laptop, wireless presentasi, flashdisk.
4.      Aktif ketika kegiatan berlangsung, baik sebagai penanya maupun ambil bagian untuk menjadi ketua kelompok.





BAB 3
PENUTUP

Demikian laporan kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Akademik Perguruan Tinggi Angkatan 1 Bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2018 yang diselenggarakan Kopertis Wilayah VII ini, dibuat dengan sebaik-baiknya dengan harapan laporan kegiatan ini dapat menjadi informasi dalam peningkatan kegiatan selanjutnya. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang telah dilakukan. Atas perhatian dan kerja sama yang baik diucapkan terima kasih.

Komentar

Postingan Populer